Ketika Ibu Hamil Kekurangan Protein Bagian 2

Jadi, adanya dugaan protein yang tidak tercukupi umumnya dilihat dari penambahan pada berat badan ibu hamil yang kurang atau malah menurun. Seperti kita ketahui, kecukupan gizi ibu hamil secara sederhana akan tercermin pada penambahan berat badan yang cukup selama hamil (untuk ibu dengan indeks masa tubuh normal penambahan BB selama hamil adalah 11.5—16 kg). “Dugaan ketidakcukupan protein bisa juga muncul saat janin terpantau tidak tumbuh seperti seharusnya saat pemeriksaan rutin kehamilan,” tutur Irawan. Pada masalah seperti itu, pada biasanya dokter dan kebidanan akan bekerja secara bersama dengan dokter dari ahli gizi. Sehingga Ibu hamil bisa mengatur dan memperbaiki menu dan pola makanan setiap harinya. “Ibu hamil hendaknya juga tetap rutin memeriksakan kehamilan sesuai jadwal yang disarankan. Dengan begitulah perkembangan janinnya selalu terpantau.”

BERSIFAT INDIVIDUAL

Kebutuhan protein pada ibu hamil, menurut Irawan, bersifat individual. Akan tetapi pada umumnya yang dbutuhkan oleh tubuh adalah 15 persen protein dari makanan yang setiap hari dikonsumsi. Untuk memenuhi kebutuhan yang cukup akan porsi tersebut penting ditambahkan 200-300 kkaldari kebutuhan  kalori pada wanita normal. Yakni setara engan rata-rata kebutuhan protein Ibu hamil adalah 70-80 gram setiap hari.

Pemenuhan kebutuhan gizi dan protein per hari ini dapat dilakukan dengan ilustrasi sebagai berikut: * Nasi 3/4 gelas. * Daging ayam/sapi 2 1/2 potong. * Tempe 5 potong. * Sayur 3 gelas. * Buah 2 potong. * Kacang hijau 2 sdm. * Susu 2 1/2 sdm. * Gula 1 sdm. * Minyak 2 sdm.

Irawan mengakui kualitas protein terbaik memang didapat dari protein hewani karena mengandung asam amino esensial yang lebih lengkap. Lalu bagaimana menyiasati harga daging yang tengah membubung tinggi saat ini? “Asupan protein Ibu hamil yang pas atau ideal adalah 2/3 yang didapatkan dari protein hewani dan sisanya didapatkan dari protein nabati. Perlu diingat bahwa protein hewani tidak hanya didapat dari daging sapi saja, namun juga daging ayam dan produk hewani lainnya sperti telur, susu, keju, dan lainnya.” Nah, Mam mulai hari ini cukupi kebutuhan protein dengan baik yaaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *