Desktop PC Mungil Atau Multimedia Player?

Saat pertama kali melihatnya, Anda mungkin menduga bahwa produk yang satu ini merupakan HD multimedia player. Hal tersebut tidaklah mengherankan mengingat bentuknya yang mungil dan diletakkan secara horizontal. Belum lagi, di sisi belakangnya terpasang dua buah antena yang tak kalah mungilnya. Lebih dari sebuah HD multimedia player, GIADA D310­C1037 merupakan sebuah PC berukuran mini. Untuk melakukan pemrosesan data, barebone ini ditenagai oleh prosesor Intel Celeron 1037U berkecepatan 1,8 GHz serta RAM DDR3 sebesar 4 GB.

Sedangkan untuk menyimpan data, tersedia hard disk berkapasitas 320 GB. Berbekal prosesor Intel dengan embelembel “U” membuat PC berukuran mungil ini tidak rakus daya saat beroperasi. Jika dilihat dari prosesor yang digunakan, GIADA D310­C1037 memang bukan ditujukan untuk para desainer atau gamer yang membutuhkan tingkat komputasi yang tinggi. Meski spesifikasinya tergolong minim, Anda dapat menjadikannya sebagai perangkat multimedia yang ekonomis dan minimalis. Pasalnya, Intel HD Graphics yang tertanam di dalam prosesor Intel Celeron mampu memutar film beresolusi full HD tanpa tersendat­sendat.

Selain itu, PC mungil ini juga dilengkapi dengan modul WiFi berstandar 802.11n. Selain sebagai multimedia player, Anda juga dapat menggunakannya untuk browsing serta menjalankan aplikasi perkantoran seperti word processing atau spreadsheet. Sayangnya, GIADA D310­C1037 tidak menyertakan optical drive. Padahal, pada paket penjualannya masih disertakan sebuah kepingan CD sebagai media untuk instalasi driver. Tentu hal ini cukup merepotkan ketika Anda baru meng­install sistem operasi. Tidak hanya pada saat instalasi sistem operasi saja, menonton film berformat DVD pun menjadi sulit dilakukan. Pasalnya, Anda harus menggunakan optical drive eksternal untuk meng akses seluruh koleksi DVD maupun BluRay. Untuk menyiasati hal ini, GIADA menyediakan hingga enam port USB 2.0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *